Hikmah Puasa Ramadhan

Hikmah Puasa RamadhanPuasa mempunyai makna menahan diri dari segala sesuatu baik berupa perkataan dan perbuatan yang dilakukan oleh seseorang yang telah baligh dari sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Puasa tidak hanya terbatas pada menahan haus dan lapar tetapi puasa juga berarti menahan dari hawa nafsu dan kebutuhan biologis.
Kebanyakan orang. mereka berpuasa hanya meninggalkan makan dan minum di siang hari tanpa mengetahui apa sebenarnya hikmah puasa ramadhan tersebut. sehingga setelah ramadhan berakhir tidak ada perubahan dari perilaku dan gaya hidup mereka. bahkan fenomena yang terjadi malahan kita bisa melihat bagaimana orang-orang pada saat berpuasa justru lebih boros daripada hari-hari diluar puasa ramadhan terutama pada saat-saat menjelang berakhirnya ramadhan atau pada saat menjelang idul fitri.
Lalu sebenarnya apakah hikmah dari puasa ramadhan tersebut? menurut para fuqaha atau para ahli fiqih disebutkan bahwa ada beberapa faedah yang bisa kita ambil dari melaksanakan puasa di bulan ramadhan, yaitu :

1. Puasa tak lain sebagai rasa syukur kepada Allah swt atas berbagai nikmat yang telah diberikan kepada hamba-hambaNya yang muslim, selain melakukan puasa adalah salah satu cara untuk menunjukan kepatuhan atas perintah Allah SWT. 
2. Hikmah puasa ramadhan yang kedua adalah melatih diri dalam mengendalikan nafsu syahwat, karena dalam keadaan lapar berbagai nafsu bisa ditekan. Ini diharapkan bisa membawa efek pada kehidupan setelah ramadhan berakhir. 
3. Dapat merasakan penderitaan orang-orang miskin. Dengan berpuasa, seseorang merasakan lapar dan dahaga sebagaimana yang sering dirasakan oleh orang miskin sehingga diharapkan akan timbul empati untuk bisa mengasihi dan berbagi dengan orang-orang miskin. 
4. Memupuk rasa persaudaraan antar sesama muslim (ukhuwah islamiyah) karena pada bulan ramadhan semua muslim seluruh dunia sama-sama melakukan puasa,sama-sama melaksanakan shalat tarawih sehingga biasanya dibulan ramadhan mesjid lebih ramai dibanding dengan hari-hari diluar ramadhan. 
5. Hikmah puasa ramadhan yang kelima adalah puasa itu menyehatkan diri, karena metabolisme perut tidak terlalu terbebani sebagaimana hari-hari biasa. Selain itu puasa juga merupakan detoksifikasi yang dapat mengeluarkan racun-racun yang ada dalam tubuh.
6. Puasa adalah media pendidikan jiwa, pensucian hati, pengendalian pandangan dan menjaga anggota tubuh dari dosa.
7. Puasa itu melatih kejujuran. karena puasa itu rahasia antara hamba dengan Allah swt, tidak ada orang yang tahu apakah kita berpuasa atau tidak beda dengan sholat atau ibadah haji misalnya.
8. Hikmah puasa lainnya adalah puasa itu penghapus kesalahan dan penyirna kejahatan.
9. Pada saat puasa seharusnya orang merasa kerdil dihadapan Allah, hatinya mudah trenyuh, rasa rakus menipis, syahwat sirna sehingga dengan demikian do'anya dikabulkan karena keterdekatannya dengan Allah swt.
10. Puasa merupakan kemenangan seorang muslim mengalahkan hawa nafsunya, kemenangan seorang muslim atas dirinya sehingga jika seorang muslim tidak berpuasa tanpa udzur maka dalam kehidupan sehari-hari ia tidak akan pernah mampu mengendalikan dirinya dan tak akan pernah dapat mengalahkan hawa nafsunya.
11. Puasa itu adalah cobaan bagi jiwa agar bisa menanggung beban dan menghadapi persoalan, siap menunaikan pekerjaan-pekerjaan penting dan agung seperti jihad, menginfakan harta di jalan Allah dan berkurban.

Barangkali itulah beberapa dari hikmah puasa di bulan ramadhan yang seharusnya bisa diambil oleh semua orang selama berpuasa, dan diharapkan dapat berimplikasi pada kehidupan sehari-hari setelah ramadhan usai.

2 comments:

  1. Terima kasih artikel ini sangat membantu saya dalam membuat pidato yang berjudul hikmah berpuasa ramadhan

    ReplyDelete