Khutbah Nabi Muhammad SAW Menjelang Ramadhan

Ramadhan sebentar lagi akan tiba, sudah siapkah kita menyambutnya?, sudahkah kita persiapkan fisik dan mental kita untuk menunaikan tugas yang maha berat di bulan Ramadhan yaitu puasa?, sudah tahukah apa saja yang harus kita lakukan nanti di bulan puasa? jika jawabannya belum, ada baiknya kita simak khutbah Rasullullah SAW saat menjelang Ramadhan tiba yang isinya berupa arahan-arahan Rasulullah SAW untuk kita umatnya dalam rangka menunaikan kewajiban puasa di bulan Ramadhan. 
"Wahai manusia! sungguh telah datang pada kalian bulan Allah yang membawa berkah, rahmat, dan maghfirah. Bulan yang paling mulia disisi Allah. Hari-harinya adalah hari-hari paling utama, malam-malamnya adalah malam-malam yang paling utama. jam demi jamnya adalah jam yang paling utama. Inilah bulan ketika kamu diundang menjadi tamu Allah dan dimuliakan-Nya. Dibulan ini nafas-nafasmu menjadi tasbih, tidurmu adalah ibadah, amal-amalmu diterima dan doa-doamu di ijabah. 
Bermohonlah kepada Allah Rabb-mu dengan niat yang tulus dan hati yang suci agar Allah membimbingmu untuk melakukan puasa dan membaca kitab-Nya. Celakalah orang yang tidak mendapat ampunan Allah di bulan yang agung ini. Kenanglah dengan rasa lapar dan hausmu, kelaparan dan kehausan di hari kiamat. Bersedekahlah kepada kaum fakir dan miskin. Muliakanlah orang-orang tuamu, sayangilah yang muda, sambunglah tali persaudaraanmu, jagalah lidahmu, tahan pandanganmu dari apa yang tidak halal kamu memandangnya, dan pendengaranmu dari apa yang tidak halal kamu mendengarnya. 
Kasihanilah anak-anak yatim,niscaya dikasihi anak-anak yatimmu. Bertobatlah kepada Allah dari dosa-dosamu. Angkatlah tangan-tanganmu untuk berdo'a pada waktu sholatmu karena itulah saat-saat yang paling utama ketika Allah memandang hamba-hambanya dengan penuh kasih, Dia menjawab mereka ketika mereka menyeru-Nya, menyambut mereka ketika mereka memanggil-Nya dan mengabulkan mereka ketika mereka berdoa kepada-nya. 
Wahai manusia! sesungguhnya diri-dirimu tergadai karena amal-amalmu, maka bebaskanlah dengan istigfar. Punggung-punggungmu berat karena karena beban (dosa)mu, maka ringankanlah dengan memperpanjang sujudmu.
Ketahuilah! Allah Ta'ala bersumpah dengan segala kebesaran-Nya bahwa Dia tidak akan meng azab orang-orang yang shalat dan sujud, dan tidak akan mengancam mereka dengan neraka pada hari manusia berdiri di hadapan Rabb al-'Alamin. 
Wahai manusia! Barangsiapa diantaramu memberi makanan berbuka kepada orang-orang mukmin yang berpuasa di bulan ini, maka disisi Allah nilainya sama dengan membebaskan seorang budak dan ia diberi ampunan atas dosa-dosanya yang lalu. (sahabat-sahabat bertanya :"Ya Rasulullah! Tidaklah kami semua mampu berbuat demikian." Rasulullah meneruskan) Jagalah dirimu dari neraka walau hanya dengan sebiji kurma, jagalah dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan seteguk air. 
Wahai manusia! Siapa yang membaguskan akhlaknya di bulan ini ia akan berhasil melewati sirath pada hari ketika kaki-kaki tergelincir. Barangsiapa yang meringankan pekerjaan orang-orang yang dimliki tangan kanannya ( pegawai atau pembantu) di bulan ini, Allah akan meringankan pemeriksaan-nya dihari kiamat. Barangsiapa menahan kejelekannya dibulan ini, Allah akan menahan murka-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. Barangsiapa memuliakan anak yatim di bulan ini, Allah akan memuliakannya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. 
Barangsiapa menyambung tali persaudaraan di bulan ini, Allah akan menghubungkan dia dengan rahmat-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. Barangsiapa memutuskan kekeluargaan di bulan ini, Allah akan memutuskan rahmat-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. Barangsiapa melakukan shalat sunah di bulan ini, Allah akan menuliskan baginya kebebasan dari api neraka. Barangsiapa melakukan shalat fardu baginya adalah ganjaran seperti melakukan 70 sholat fardu di bulan lain. 
Barangsiapa memperbanyak shalawat kepadaku dibulan ini, Allah akan memberatkan timbangannya pada hari ketika timbangan (kebaikannya) ringan. Barangsiapa pada bulan ini membaca satu ayat Al-qur'an, ganjarannya sama seperti mengkhatam Al-qur'an pada bulan-bulan yang lain. Wahai manusia! sesungguhnya pintu-pintu surga dibukakan bagimu, maka mintalah kepada tuhanmu agar tidak akan menutupkannya bagimu. Pintu-pintu neraka tertutup, maka mohonlah kepada Rabbmu untuk tidak akan pernah dibukakan bagimu. Setan-setan terbelenggu, maka mintalah agar ia tak lagi pernah menguasaimu. 
Amirul Mukminin (Ali r.a) berdiri dan berkata, Ya Rasulullah! Amal apa yang paling utama di bulan ini?" Jawab Nabi, "Ya abal Hasan! Amal yang paling utama dibulan ini adalah menjaga diri dari apa yang di haramkan Allah". (Sumber : Puasa Bersama Rasulallah, karangan Ibnu Muhammad)
Kiranya khutbah dari Rasulallah SAW dalam rangka menyambut datangnya bulan ramadhan ini, seharusnya menjadi acuan kita dalam menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan, betapa rasul telah membeberkan kepada kita keutamaan yang terkandung di bulan Ramadhan, maka sudah selayaknya kita mempersiapkan diri untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan, seraya berdoa kepada Allah SWT agar kita memperoleh segala keutamaan bulan Ramadhan, Amin!

1 comment: