Persiapan Menjelang Puasa Ramadhan

Sebentar lagi kita akan jelang bulan Ramadhan, bulan dimana kita umat islam diwajibkan untuk melaksanakan suatu ibadah yang sangat berat, yaitu ibadah puasa. kenapa dikatakan ibadah yang sangat berat ? karena menurut Rasulullah SAW ibadah puasa adalah ibadah yang kadar beratnya melebihi dari jihad melawan musuh pada waktu berperang. Ibadah puasa ini menuntut kita agar mampu untuk menaklukan hawa nafsu diri kita sendiri selama sebulan penuh. 
Bulan puasa adalah bulan yang sangat diberkati oleh Allah swt, dimana pada bulan ini segala amal kita dilipat gandakan hitungan pahalanya sehingga sangat disayangkan jika kita melewatkan begitu saja bulan Ramadhan ini tanpa peningkatan amal baik yang sunah apalagi amalan yang wajib. Agar ibadah kita di bulan Ramadhan bisa kita lakukan secara maksimal, ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan, antara lain : 
1. Persiapan iman 
Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, bulan suci dimana seharusnya kita meningkatkan amalan -amalan dibanding bulan di luar Ramadhan. Untuk itu kita perlu menyiapkan iman kita karena iman adalah ibarat energi yang menggerakan ibadah kita di bulan Ramadhan, tanpa iman yang kuat tentunya akan sulit buat kita untuk berpuasa seharian ditambah lagi melakukan ibadah sunah yaitu shalat tarawih pada malam harinya dan ibadah-ibadah sunah lainnya. 
2. Persiapan fisik 
Sebelum menjalani puasa wajib dibulan Ramadhan, ada baiknya jika kita seriang latihan puasa dahulu. Rasulullah SAW sebelum masuk bulan Ramadhan, biasanya beliau lebih meningkatkan lagi berpuasa sunah, dengan maksud agar pada saat kita memasuki bulan Ramadhan, fisik kita sudah terbiasa untuk berpuasa sehingga ketika pada saat bulan Ramadhan puasa kita menjadi puasa yang terbaik. 
3. Persiapan ilmu 
Sebelum memasuki bulan Ramadhan, kita harus persiapkan pengetahuan kita tentang amalan-amalan yang akan kita lakukan di bulan ramadhan agar nantinya amalan-amalan yang kita lakukan menjadi amalan yang terbaik. Hadirilah majelis-majelis ilmu, bacalah buku-buku mengenai puasa, shalat tarawih dan amalan lainnya. 
4. Persiapkan biaya 
Bulan Ramadhan adalah bulan dimana segala amalan kita dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT, bulan Ramadhan juga sering disebut sebagai bulan berbagi. Nah, ada baiknya jika kita menyiapkan dana lebih untuk bersedekah misalnya, atau untuk berbagi makanan berbuka karena menurut Rasulullah SAW, barang siapa yang memberi makanan untuk berbuka pada orang yang berpuasa walau hanya sebiji kurma, maka diharamkan neraka baginya. 

Mari kita jadikan bulan Ramadhan sebagai bulan pertaubatan kita. isilah bulan ramadhan dengan amalan-amalan terbaik. jangan sia-siakan bulan yang penuh rahmat dan ampunan ini, jangan biarkan ia berlalu dengan percuma, jangan sampai di akhir Ramadhan kita menyesal dan menjadi orang yang merugi karna ditinggalkan bulan Ramadhan tanpa ada peningkatan iman, tanpa ada peningkatan ketakwaan dan kita merugi karena kita tidak termasuk orang-orang yang kembali ke fitrah atau suci kembali selepas Ramadhan. Naudzu bilah. 


Related post : SMS Ramadhan,
                         Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa
                         Hikmah Puasa Ramadhan

1 comment: